Wisata Kuliner terkenal

Kota Surabaya juga terkenal dengan keragaman kulinernya yang khas. Ada banyak tempat wisata kuliner di Surabaya yang tersebar di sejumlah tempat dan selalu diburu kalangan wisatawan.
Kota Surabaya juga terkenal dengan keragaman kulinernya yang khas. Ada banyak tempat wisata kuliner di Surabaya yang tersebar di sejumlah tempat dan selalu diburu para penikmat kuliner Nusantara.
Tak kalah dengan Jogjakarta , Surabaya juga menyimpan sejumlah wisata kuliner yang unik. Anda akan memperoleh pengalaman kuliner yang seru di kota metropolitan terbesar ke-2 di Indonesia ini.
Kota Surabaya seolah tak pernah tidur, dalam 24 jam selalu ada aktivitas di kota ini, baik mereka yang bekerja shift malam, atau mereka yang sekedar jalan-jalan menghabiskan waktu santai sampai menikmati malam dengan makan.  

Wisata Kuliner di Surabaya

Ada beberapa tempat wisata kuliner di Surabaya paling populer. Populer tidaklah selalu berarti tempat tersebut mewah dengan menu makanan yang serba mahal. Tapi, lebih pada karakteristik yang khas dengan menu-menu yang unik. 

1. Rujak cingur Ahmad Jaiz

Perjalanan wisata kuliner di Surabaya kali ini dimulai dari Rujak cingur Ahmad Jaiz. Rujak cingur memang kuliner asli Surabaya dan telah begitu populer di kalangan wisatawan domestik dan luar negeri. Kuliner ini sebenarnya adalah rujak biasa, namun yang membuatnya istimewa adalah campuran cingur (kulit sapi) yang menghadirkan rasa rujak yang khas.
Rujak cingur Ahmad Jaiz di Surabaya
Rujak cingur Ahmad Jaiz di Surabaya via ksmtour.com
Rujak cingur Ahmad Jaiz selain terkenal dengan bumbu kacangnya yang kental, Cingurnya juga kenyal, lebih empuk dan tidak lembek. Terlebih lagi perpaduan komposisi bumbu-bumbunya benar-benar pas sehingga terasa mantap di lidah.
Alamat Rujak cingur Ahmad Jaiz: Jl. Achmad Jais No. 40 Wonokromo, Surabaya

2. Nasi Bebek Cak Yudi

Dari Rujak cingur Ahmad Jaiz Anda lanjutkan wisata kuliner ke lokasi Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi. Hampir semua warga Surabaya mengenal tempat kuliner ini. Tidak hanya terkenal dengan sajian daging bebek yang gurih dan empuk, namun Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi sangat populer dengan sambal pencit (sambal mangga muda) yang rasanya tidak ada duanya.
Nasi Bebek Cak Yudi, Surabaya
Nasi Bebek Cak Yudi, Surabaya via foursquare.com 
Jika tempat wisata kuliner lain buka sampai 24 jam, Nasi Bebek "Sayang Anak" Cak Yudi ini hanya buka 3 jam saja, yakni mulai pukul 15.00 - 18.00 WIB. Jika ingin menikmati sajian kuliner nasi bebek yang lezat, Anda harus segera meluncur ke lokasi di jam-jam tersebut sebelum kehabisan.
Alamat Nasi Bebek Sayang Anak Cak Yudi: Jl. Kepanjen (Jl. Kebon Rojo), Surabaya

3. Rawon Pak Pangat

Rawon memang identik dengan Surabaya. Hampir setiap rumah makan menyediakan menu kuliner ini. Namun untuk rekomendasi rawon paling enak, kelihatannya hanya Rawon Pak Pangat yang terletak di Darmo Trade Wonokromo dengan salah satu cabangnya di daerah Ketintang Baru Selatan yang patut diajukan.
Rawon Pak Pangat, Surabaya
Rawon Pak Pangat, Surabaya via titofebrian.com 
Rawon Pak Pangat memang lain dari yang lain. Tak hanya suwiran daging empalnya yang empuk, namun perpaduan kuahnya juga menciptakan sensasi rasa yang enak dan tidak eneg karena tidak banyak mengandung lemak. Ada dua menu rawon yang tersedia, yaitu nasi rawon campur dan nasi rawon krengsengan dengan rasa sama-sama lezat. Dengan harga hanya Rp 8 ribu per porsi, kuliner Surabaya yang satu ini terlalu sayang untuk dilewatkan.
Alamat Rawon Pak Pangat: (Ruko Lotus) Jalan Ketintang Baru Selatan I / 15 Surabaya, Darmo Trade Center, Wonokromo, Surabaya

4. Nasi Empal Pengampon

Wisata kuliner di Surabaya memang terkenal dengan cita rasa gurihnya, termasuk Nasi Empal Pengampon. Rasanya yang khas membuat sajian unik ini banyak diburu oleh pecinta kuliner di Surabaya atau dari luar Surabaya.
Perpaduan nasi putih yang pulen, empal suwir, kering tempe, tumis kacang panjang, lalapan timun lengkap dengan sambal dan daun kemangi membuat Nasi Empal Pengampon menjadi satu-satunya kuliner paling lengkap baik dari sisi bahan, bentuk, dan rasa.
Nasi Empal Pengampon, Surabaya
Nasi Empal Pengampon, Surabaya via laurentiadewi.com
Ciri khas Nasi Empal Pengampon adalah rasa daging empal yang gurih, namun cenderung manis. Wisata kuliner yang terletak di daerah Pengampon ini buka mulai dari pukul 09.00 - 21.00 WIB. Harganya cukup bersahabat dan dijamin tidak menguras kantong.
Alamat Nasi Empal Pengampon: Jalan Pengampon II No. 3, Surabaya

5. Tahu Campur Kalasan

Tak hanya Lamongan yang populer dengan tahu campur, Surabaya juga memiliki tempat wisata kuliner dengan menu tahu campur, yaitu Tahu Campur Kalasan. Dari waktu ke waktu, tahu campur memang tetap menjadi favorit bagi penggemarnya. Kuliner yang satu ini terdiri dari daging dan jeroan sapi, tahu goreng, perkedel, dipadukan dengan sayur selada, dan bumbu-bumbu kental.
Tahu Campur Kalasan, Surabaya
Tahu Campur Kalasan, Surabaya via bisnisumi.com 
Tahu Campur Kalasan yang ada di kawasaan Tambaksari ini menyajikan menu tahu campur yang benar-benar spesial. Harganya juga sangat murah, hanya dengan Rp 10 ribu saja Anda sudah bisa menikmati satu porsi tahu campur yang lezat. Penasaran dengan menu kuliner yang satu ini? Segera meluncur ke lokasi karena tempat ini hanya buka dari sore sampai jam 10 malam.
Alamat Tahu Campur Kalasan: Jalan Kalasan No. 22 Tambaksari, Surabaya

6. Nasi Goreng Jancuk

Tempat kuliner Nasi Goreng Jancuk memang benar-benar ada dan selalu ramai dikunjungi oleh warga Surabaya maupun mereka yang datang dari luar kota. Selain rasa nasi gorengnya yang enak, Nasi Goreng Jancuk ini terkenal dengan porsinya yang besar.
Rasa pedas dipadukan dengan bumbu rempah yang kuat tentu membuat rasa nasi goreng lebih nikmat. Demikian juga dengan Nasi Goreng Jancuk, sajian kuliner ini merupakan perpaduan nasi putih, ayam suwir, telur, udang, bawang merah goreng, cabai, acar, dan kerupuk. Terasa sangat lezat terutama jika dimakan malam hari.
Nasi Goreng Jancuk, Surabaya
Nasi Goreng Jancuk, Surabaya via intaninchan.wordpress.com
Satu hal yang unik, Nasi Goreng Jancuk hanya melayani pembelian dengan porsi besar yang bahkan 1 porsinya bisa untuk 4-5 orang. Jika ingin mencoba lezatnya Nasi Goreng Jancuk, Anda dapat patungan dengan beberapa teman atau juga dibungkus untuk dimakan bersama keluarga.
Alamat Nasi Goreng Jancuk: Jalan Pemuda No. 31-37, Surabaya

7. Bebek Goreng Sinjay

Di Surabaya, Bebek Goreng Sinjay terkenal karena rasanya yang gurih dan tekstur dagingnya yang empuk. Perpaduan rasa gurih dan sambal lalapan yang nikmat menciptakan suasana bersantap yang benar-benar efektif.
Bebek Goreng Sinjay, Surabaya
Bebek Goreng Sinjay, Surabaya via aimiminherbal.blogspot.co.id
Rasa unik dan khas dari Bebek Goreng Sinjay terletak pada irisan cabe rawit dan mangga muda (disebut pencit) sehingga muncul sensasi dua rasa, yakni pedas dan asam. Hanya dengan Rp 23 ribu, Anda sudah dapat mencoba satu porsi bebek goreng termasuk nasi hangat dan teh segar. Tempat kuliner di Surabaya yang satu ini juga terkenal dengan pelayanan yang cepat dan fasilitas yang nyaman. Untuk memudahkan pelanggan, Bebek Goreng Sinjay juga membuka layanan delivery order.
Alamat Bebek Goreng Sinjay: Kaza City Lt. 3 Blok B No. 5, Jalan Kapas Krampung No. 45, Surabaya

8. Nasi Krawu Sufayah

Jika Anda berkunjung ke Surabaya, cobalah singgah di tempat wisata kuliner Surabaya Nasi Krawu Sufayah. Nasi Krawu sebenarnya adalah makanan khas Gresik, namun cukup populer di Surabaya karena rasanya yang lezat dan khas.
Nasi Krawu Sufayah, Surabaya
Nasi Krawu Sufayah, Surabaya via infokuliner.com 
Nasi Krawu Sufayah memiliki ciri khas berupa nasi yang pulen, lengkap dengan aneka lauk pauk yang enak. Uniknya lagi, sajian kuliner ini disajikan dengan bungkus daun pisang. Adapun lauk pada Nasi Krawu ini adalah daging sapi, jeroan sapi, semur daging, serundeng, lengkap dengan sambal terasi.
Alamat Nasi Krawu Sufayah: Jalan Manyar Kertoarjo, Surabaya

9. Mie Pecun

Penggemar mie ada di mana-mana, termasuk pula di Surabaya. Mie Pecun adalah tempat wisata kuliner asli Surabaya, khususnya bagi para penggemar makanan pedas. Di tempat ini, Anda bisa mencoba sensasi super pedas mie olahan dengan varian rasa pedas yang berbeda-beda. Bagi penggemar makanan pedas, tentu saja ini tantangan yang menyenangkan.
Mie Pecun, Surabaya
Mie Pecun, Surabaya via pinterest.com 
Mie Pecun menyediakan paket mie pedas dengan berbagai tingkatan. Nama paketnya juga unik, misalnya Paket Culun (tidak pedas), Paket Semriwing (pedas sedang), Paket Galau (pedas sedang), dan Paket klimax (sangat pedas). Sebagai menu pelengkap, tersedia juga pilihan kornet, telur, dan udang.

10. Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Sejak dulu Lontong Balap sudah identik dengan Kota Surabaya dan popularitasnya tidak pernah memudar sampai saat ini. Salah satu tempat wisata kuliner di Surabaya yang menyediakan Lontong Balap adalah warung makan Lontong Balap Garuda Pak Gendut. Warung ini nyaris tak pernah sepi dari pengunjung.
Lontong Balap Garuda Pak Gendut, Surabaya
Lontong Balap Garuda Pak Gendut, Surabaya via traveloka.com
Lontong Balap memiliki cita rasa yang khas. Di Surabaya, Lontong Balap Garuda Pak Gendut terkenal sebagai wisata kuliner malam yang banyak dikunjungi wisatawan dari luar daerah. Dengan sajian lontong, tauge, Lento, lengkap dengan bumbu petis, Lontong Balap Garuda Pak Gendut yang sudah buka sejak tahun 1956 ini menawarkan sensasi khas sajian kuliner yang unik dan lezat.
Alamat Lontong Balap Garuda Pak Gendut: Jl. Kranggan No. 60, Surabaya

11. G-Walk Surabaya

Inilah night market-nya kota Surabaya, tempat dimana tersedia berbagai pilihan kuliner menarik sekaligus tempat bersantai dan nongkrong yang menarik. G-Walk terletak di sebuah perumahan mewah di wilayah Surabaya Barat, yaitu Citraraya. Bila Anda memasuki G-Walk ini, terlihat seperti kompleks restaurant dan cafe yang berjajar memanjang.
G-Walk Surabaya
G-Walk Surabaya via meenopha.blogspot.co.id 
G-Walk hanya buka saat malam hari. Tersedia berbagai jenis makanan modern serta kuliner tradisional di tempat wisata kuliner di Surabaya yang satu ini, mulai dari sea food, masakan oriental, soto daging, sate ayam, sate kambing, gulai, sampai masakan dengan cita rasa Eropa. Begitu pula halnya dengan variasi minuman yang ditawarkan di sana.
Alamat G-Walk: Jl. Niaga Gapura, Lakarsantri, Surabaya

12. Kepiting Cak Gundul

Kepiting Cak Gundul sebenarnya berbasis di Pandaan-Pasuruan atau pada Km. 48 Surabaya-Malang. Tapi, cabangnya di kota Surabaya juga dapat Anda kunjungi di kawasan ruko daerah Kupang Indah. Inilah salah satu tempat wisata kuliner di Surabaya yang menghadirkan olahan seafood yang lezat, terutama pada menu kepitingnya.
Kepiting Cak Gundul, Surabaya
Kepiting Cak Gundul, Surabaya via arlitaayu.wordpress.com
Menu kepiting favorit di tempat ini adalah Kepiting Bumbu Kare dan Kepiting Asam Manis. Anda dapat merasakan nikmatnya bumbu asam manis atau mengecap gurihnya kuah kari pada daging dan cangkang kepiting. Juga tersedia menu seafood lainnya, seperti kerang, ikan, hingga cumi.
Alamat Kepiting Cak Gundul: Jalan Raya Kupang Indah No. 45 CD, Surabaya

13. Pakuwon Food Festival

Inilah salah satu pilihan tempat wisata kuliner di Surabaya yang ramai dikunjungi wisatawan. Berdiri sejak tahun 2008, Pakuwon Food Festival memiliki sekitar 100 tenant yang menawarkan berbagai menu kuliner. Anda dapat memilih aneka menu makanan, mulai dari khas nusantara sampai manca negara, dari resep tradisional hingga modern.
Pakuwon Food Festival Surabaya
Pakuwon Food Festival Surabaya via infosurabaya.web.id
Area kuliner di Surabaya yang satu ini juga menjadi tujuan favorit banyak komunitas, mulai dari pecinta otomotif, kelompok musik, sampai seni dan lain sebagainya. Anda dapat menemukan suasana yang cukup romantis di sana dengan kehadiran ribuan lampu dekor taman menggantung di sepanjang pintu masuk. Lokasi Pakuwon Food Festival memang terbilang cukup jauh dari pusat kota, tetapi akses jalan yang mudah dan lahan parkir membuat tempat ini disukai.
Alamat Pakuwon Food Festival: Jl. Kejawan Putih Mutiara No. 17, Surabaya

14. Zangrandi Ice Cream

Jika Anda penyuka es krim dan ingin menikmati jajanan tersebut dalam balutan suasana tempo doloe, Anda sebaiknya mengunjungi Zangrandi. Di masa lampau, toko es krim Zangrandi adalah tempat berkumpul sosialita Belanda yang menjadi tempat nongkrong atau berdansa.
Zangrandi Ice Cream, Surabaya
Zangrandi Ice Cream, Surabaya via imansoe.wordpress.com
Lokasi Zangrandi terbilang mudah dijangkau, Anda akan merasa nyaman menikmati suguhan es krim yang lezat serta pelayanan yang memuaskan. Beberapa menu favorit di tempat kuliner ini, misalnya Banana Split, Tuty Fruty dan Macadonia. Tidak hanya es krim, juga tersedia menu seperti risoles, pastel, dan kroket.
Alamat Zangrandi Ice Cream: Jalan Yos Sudarso No. 15, Surabaya, Jawa Timur 

15. Bebek Palupi

Di Surabaya, olahan bebek bakar dan bebek goreng yang lezat juga dapat Anda nikmati di depot Palupi. Buka sejak siang hari, Anda dapat menikmati masakan bebek yang mengesankan, namun dengan harga yang terjangkau.
Bebek Palupi, Surabaya
Bebek Palupi, Surabaya via thegrassonion.blogspot.co.id
Olahan bebek di depot Palupi ini memiliki keunggulan dengan daging bebek yang bertekstur empuk, bumbu kuning yang meresap, serta sambal. Tak lupa juga, potongan daging bebeknya juga terbilang lebih besar dibandingkan dengan tempat-tempat lain. Tak aneh bila depot ini disukai banyak pecinta kuliner, terutama olahan bebek bakarnya yang populer.
Alamat Bebek Palupi: Jln. Raya Rungkut Asri Tengah No. 10, Surabaya

sumber: initempa

0 komentar:

Post a Comment

 
  • Warna warni cita rasa Kuliner © 2012 | Designed by Rumah Dijual, in collaboration with Web Hosting , Blogger Templates and WP Themes